SIAPA BILANG ROKOK HARAM ?

maraiborosAPAKAH ANDA PEROKOK ?

jika ya, berapa batang rokok anda hisap seharinya ? berapa dalam sebulan ? coba dikalikan berapa tahun anda merokok ?

wah-wah sudah berapa kilometer batang rokok yang anda hisap ? jika bukan karena rahmat Alloh SWT yang melindungi atmosfer bumi ini, mungkin negri ini sudah terselimuti asap rokok.. hiii mengerikan ??

Selera Pemberani begitu Sampoerna untuk hidup Enjoy Aja. Padahal di balik itu Malahboros. Benar-benar Bukan Basa Basi…. Dan MUI gulirkan fatwa haram bagi rokok.

Sejarah Rokok
Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Sumber : id.wikipedia.org
Bahkan ada sinyalemen kalau industri rokok termasuk dari konspirasi yahudi untuk menghancurkan umat islam, khususnya kaum mudanya. Misalnya, Philip Morris (Perusahaan yahudi) adalah perusahaan rokok asal Amerika Serikat (AS). Perusahaan ini bernaung di bawah grup Altria, Swiss yang memproduksi makanan dan minuman. Phillip Morris telah mendermakan 12% keuntungannya untuk Negara Yahudi dari uang yang diserap kaum Muslim dengan total nilai $800 juta. Dengan rata-rata margin keuntungan sehari sebesar 10%, atau $80 juta sehari , maka, $9.6 juta uang dari umat Islam itu diberikan ke Negara yahudi.
Perusahaan raksasa rokok dunia asal Amerika Serikat (AS) itu kemudian mengambil alih 40% saham perusahaan rokok swasta nasional Sampoerna Tbk. Judi Richards, juru bicara Sampoerna kepada pers pernah mengatakan, Produsen rokok Marlboro ini membeli Sampoerna dengan harga 5,2 milyar dolar atau sekitar 48 trilyun rupiah.

Negeri Surganya Perokok

Berdasarkan data WHO (World Health Organization), dari 124 juta perokok dewasa di kawasan ASEAN sebanyak 46 persen di antaranya berasal dari Indonesia.
Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), pernah mendatangi kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jl Proklamasi nomor 51, Menteng, Jakarta Pusat. Tujuannya, meminta dukungan MUI berupa dikeluarkannya fatwa haram merokok, dalam rangka melindungi anak-anak dari bahaya rokok.
Sikap KPAI jelas beralasan, karena dalam dua dekade terakhir ternyata perokok pemula (perokok usia muda) telah bergeser dari usia belasan tahun, kini menjadi 5-9 tahun atau rata-rata usia 7 tahun. Artinya, bila dulu perokok pemula adalah mereka yang berusia belasan tahun, kini perokok pemula di Indonesia ditemukan pada anak-anak usia 5 hingga 9 tahun.
Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) jumlah perokok pemula, yakni anak-anak berusia 5-9 tahun, dalam tempo tiga tahun (2001-2004) naik secara signifikan dari 0,4 persen menjadi 2,8 persen.
Di akhir tahun 2007, pernah diselenggarakan pertemuan regional yang dihadiri oleh sekitar 80 orang perwakilan organisasi kesehatan, ahli kesehatan, dan aktivis pengendalian rokok di kawasan ASEAN. Pertemuan yang berlangsung selama dua hari (4-5 Desember 2007) di Bangkok, Thailand, itu menelurkan beberapa rekomendasi yang salah satu diantaranya menjadikan Indonesia sebagai target utama kampanye Internasional pengendalian tembakau di kawasan Asia Tenggara. Karena, Indonesia merupakan satu-satunya negara di wilayah Asean yang belum meratifikasi Konvensi WHO tentang Pengendalian Rokok (Framework Convention on Tobacco Control/FCTC).
Berdasarkan data yang dirilis Depkes, dari sekitar 141,44 juta laki-laki dewasa perokok aktif di Indonesia, 60 % di antaranya (84,84 juta jiwa) berasal dari masyarakat ekonomi lemah (miskin).
Dari data-data di atas maka Indonesia adalah surganya bagi para perokok. Bandingkan dengan Negara-negara maju yang memiliki aturan ketat bagi perokok. Di Amerika sendiri dilarang iklan rokok dan merokok di tempat-tempat umum. Tapi Negara kita tidak, bahkan di tempat paling suci pun, masjid, orang tenang-tenang saja mengepulkan asap rokok.
Bahayanya Rokok
Tidak ada iklan yang paling jujur kecuali iklan rokok. Lihat saja di bungkus rokok dan di papan reklame, terpampang tulisan peringatan dari perusahaan rokok. “Merokok merugikan kesehatan dapat mengakibatkan kanker,dan …..,…… sayangnya hati nurani perokok tidak sejujur iklannya.
Menurut informasi yang diperoleh dari sebuah situs (rokok.komunikasi.org), di dalam sebatang rokok mengandung sekitar 4000 elemen, yang 200 di antaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan (mengandung racun), 43 di antaranya pemicu kanker, dan secara global, konsumsi rokok membunuh satu orang setiap 10 detik. Ada tiga racun utama pada rokok, yaitu tar, nikotin, dan karbon monoksida. Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Sedangkan nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat nikotin ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan. Racun ketiga yaitu karbon monoksida, adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.
Sementara itu, dr Muchtar Ikhsan, pakar kesehatan dalam salah satu seminar mengatakan, racun yang terdapat pada rokok merupakan ancaman bagi kehidupan umat manusia. “Satu batang rokok dapat memotong kehidupan kita selama 5 menit.
Rokok juga merugikan ekonomi umat. Jika harga sebungkus rokok Rp. 6.000 dan habis dalam waktu sehari, maka dalam sebulan, ia menghabiskan dana Rp.180.000. Jika seperempat saja dari rakyat negeri ini (anggap saja jumlah penduduk Indonesia sekitar 200 juta jiwa) yang merokok, berarti 9 milyar rupiah dalam sebulan mereka “membakar uang” dengan sia-sia. Itu baru sebungkus rokok sehari, bagaimana yang setiap harinya merokok dua hingga tiga bungkus. Dalam setahun, berapa kiranya anggaran yang telah dikeluarkan oleh para perokok Indonesia ? Cukup untuk membayar hutang negara, atau seandainya digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, untuk membiayai para janda dan anak yatim, untuk membantu dunia Islam lain seperti Palestina misalnya.
Apakah Rokok Haram ?
Beberapa hari yang lalu Majelis ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa, bahwa hukum rokok haram kalau dilakukan di tempat-tempat umum, wanita hamil dan anak-anak. Dan makruh kalau dilakukan di tempat pribadi.
Fatwa ini terasa ngambang, tidak tegas seperti fatwa di Negara tetangga. Di Singapura saja yang notabene penduduk muslimnya hanya 11 % berani mengeluarkan fatwa merokok itu haram. Apalagi Malaysia yang jauh-jauh hari sudah mengeluarkan fatwa haram bagi rokok.
Dan kalangan ulama dunia dalam konferensi umat Islam sedunia di Brunei Darussalam telah memutuskan merokok itu haram.
Apakah ada di Al-Qur’an dan Al-Hadits Rokok itu Haram ?
Tidak mesti segala sesuatu itu ada hukumnya di Al-Qur’an dan Al-Hadits. Kalau semua hal ada dalilnya di Al-Qur’an tentu Al-Qur’an akan berjilid-jilid banyaknya. Apakah kita akan dapati, misalnya hukum gethuk itu halal di Al-Qur’an ? Lalu dari mana kita tahu kalau gethuk itu hukumya halal ? Tentunya dari dalil umum yang menerangkan bahwa hukum asal segala sesuatu itu mubah/boleh sampai ada dalil lain yang mengharamkannya. Kaidah itu diambil dari firman Alloh Ta’ala : “Dialah Alloh yang menjadikan segala yang ada di bumi itu untuk kamu…” (QS. Al-Baqarah: 29)
Demikian juga rokok itu dilarang karena berdasarkan dalil-dalil umum :
1. Rokok termasuk barang khabits (buruk)
Rokok diharamkan karena ia termasuk Khabits (sesuatu yang buruk) dan mengandung banyak sekali mudharat ,sementara Allah Subhanahu wa Ta’ala hanya membolehkan makanan, minuman dan selain keduanya yang baik-baik saja bagi para hambaNya dan mengharamkan bagi mereka semua yang buruk (Khaba’its).
Dalam hal ini, Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman.

artinya : “Mereka menanyakan kepadamu, apakah yang dihalalkan bagi mereka? Katakanlah, dihalalkan bagimu yang baik-baik? [Al-Maidah : 4]

Demikian juga dengan firmanNya ketika menyinggung sifat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam dalam surat Al-A’raf.

artinya :Yang menyuruh mereka mengerjakan yang ma’ruf melarang mereka dari mengerjakan yang mungkar dan menghalalkan bagi mereka segala yang baik dan mengharamkan bagi mereka segala yang buruk? [Al-A’raf : 157]

Jadi, rokok dengan segala jenisnya bukan termasuk Ath-Thayyibat (segala yang baik) tetapi ia adalah Al-Khaba’its.
Akankah kita menganggap rokok itu baik, kalau baik, cobalah sesekali memberikan rokok kepada anak kecil sebagaimana kita memberikan permen kepada mereka.
2. Rokok membahayakan diri sendiri dan orang lain di sekitar kita
Dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Tidak boleh membahayakan (diri sendiri) dan tidak boleh membahayakan orang lain” (Hadits dikeluarkan oleh Malik dalam Al-Muwattha’, Ibnu Majah, Ad-Dara Quthni, dan dihasankan oleh As-Suyuthi, dan dishahihkan oleh Al-Albani).
3. Merokok merupakan upaya membunuh diri sendiri meskipun tanpa terasa
Alloh Ta’ala berfirman :
artinya : Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu [An-Nisa : 29]

Maka rokok termasuk sebab yang mematikan, dan lihatlah hasil-hasil penelitian yang memperhatikan masalah ini, berapa banyak yang meninggal akibat mengisap rokok setiap tahunnya ? dalam penelitian disebutkan bahwa sekitar 442 ribu orang di AS tewas setiap tahun karena merokok.
Bahkan semua dokter seluruh dunia baik muslim maupun non muslim pun telah ijma’ (bersepakat) kalau rokok itu barang mematikan.
4. merokok merupakan perbuatan tabdzir
Tidak ragu lagi kalau merokok termasuk pemborosan (tabdzir) yang dilarang di dalam syariat Islam.
Alloh Ta’ala berfirman :
dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya”. (QS. Al Israa’ [17]:26-27)
Mudah-mudahan kita dimudahkan oleh Alloh Ta’ala untuk meninggalkan rokok, hingga hidup kita tidak redup karena udud. Maka ucapkanlah sayonara kepada siwak setan tsb.
Ada syair arab mengatakan (artinya) :

Kau perbagus rokok dibibirmu, dan kau malu memakai siwakmu

Syariat dan kedokteran telah melarangmu dari perbuatan
mengganggu itu, tapi kau tetap melakukan hal itu

Seandainya kau balik dua hukum itu (memakai siwak dan
meninggalkan rokok) maka itu lebih utama bagimu, akan
tetapi syetan telah menipumu

Berapa banyak harta yang amat berharga kau sia-siakan,
aduhai, kalau saja harta itu kau gunakan untuk akhiratmu

.
BEBERAPA SUBHAT DAN BANTAHAN :

1. jika rokok diharamkan kemudian pabrik rokok ditutup, bagaimana nasib buruh pabrik rokok yang menggantungkan hidupnya dengan rokok ?

jawab :

saudaraku, rahmat dan rejeki Alloh SWT itu sangat luas. jangan kita picik dan berkata hidup kita tergantung rokok ? masih banyak pekerjaan lain yang halal yang lebih selamat bagi kita. percayalah, jika kita meninggalkan yang haram karena Alloh, Insya Alloh akan diganti dengan yang lebih baik. Optimis !!

2. kenapa MUI sibuk mengurusi masalah rokok ? padahal banyak hal yang lebih penting dari masalah rokok. orang kafir sudah sampai ke bulan, kita masih ribut masalah rokok ?

jawab :

itulah tugas para ulama yaitu menjelaskan kepada umat hukum-hukum Alloh. siapa bilang masalah rokok tidak penting, bahkan karena rokok telah menjadi sedemikian mendarahdaging dan membudaya, maka menjelaskan hukum rokok ini kepada umat sangatlah penting dan mendesak. ingat, jangan sampai tubuh kita terisi oleh sesuatu yang haram, karena sesuatu yang haram dapat menghalangi do’a, sedangkan do’a adalah senjatanya kaum muslimin. umat Islam terpuruk justru karena umat ini meninggalkan agamanya, mengabaikan hukum-hukum Sang Pencipta. karena itu jika ingin Islam jaya kembali, maka kembalilah kepaada apa yang menjadikan jaya umat terdahulu, yaitu kembali kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan pemahaman salaful umah.

Allohu A’lam.

diambil dari http://abunakhla.wordpress.com dengan sedikit penambahan.

by https://ibnufauzy.wordpress.com

ARTIKEL TERKAIT :

9 Tanggapan to “SIAPA BILANG ROKOK HARAM ?”

  1. sumono Says:

    Orang Kafir telah sampai ke bulan, karena dia telah melarang rokok duluan……..jadi orangnya pinter pinter.

  2. Wahyu Says:

    Harus berhenti merokok, HARUS !!!

  3. rusni Says:

    Perokok itu dzolim!!!

    dzolim thd dirinya karena melakukan penyiksaan thd kesehatannya, membakar uang dll
    dzolim thd lingkungan, karena walau sdh tau perokok pasif lebih berbahaya, mereka tetap saja merokok disekitar orang lain, bahkan tetap ada yg dikendaraan umum

    Katanya pemerintah sdh melarang, bahkan akan menghukum, tp nyatanya ???? aparatnya sendiri jg masih merokok.

    klik juga http://cindrarusni.blogspot.com

  4. anzhord Says:

    yaa makanya kita harus bisa hemat… masa kita kerja tiap hari hanya untuk dibakar ..pikir PIKIR …PIKIR ….//!

  5. ibnu fauzy Says:

    Perokok, mahluk pemakan asap, mengerikan…

  6. saparsmansa Says:

    Saya mantan karyawan Industri rokok besar di Indonesia (10 tahun)
    1. Jangan pernah mengharamkan sesuatu yang tidak tahu ilmunya.
    2. WHO dibiayai oleh Phillip Morris, jadi hati2 dengan statement2 WHO
    3. Cukai salah satu pabrik rokok yang masuk ke negara : 12 M/hari
    4. Rokok dibagi menjadi :
    a. SKT : Sigaret Kretek Tangan : Dibuat oleh tangan dengan campuran tembakau, kertas, cengkeh dan zat2 aditif
    b. SKM : Sigaret Kretek Mesin : Dibuat oleh Mesin dengan campuran tembakau, kertas, cengkeh dan zat2 aditif
    c. SKM Mild : Sigaret Kretek Mesin Mild : Dibuat oleh mesin dengan campuran tembakau, kertas, cengkeh dan zat2 aditif dengan kadar nikotin dan tar yang rendah
    d. SPM : Sigaret Kretek Mesin : Dibuat oleh mesin dengan campuran kertas (kertas direndam dalam cairan tembakau kemudian dirajang) tanpa cengkeh dan zat2 aditif
    e. SPM Mild : sama dengan SPM hanya kadar nikotin dan tar yang rendah
    f. Cerutu : dibuat oleh tangan dengan komposisi tembakau murni

    Manfaat Nikotin/tembakau : Melebarkan pembuluh darah, obat digigit lintah (untuk mencabut lintah yg menempel di kulit) atau bisa juga sebagai obat stroke
    Efek Negatif : Mengikis vitamin C di dalam tubuh, sehingga perokok harus mengkonsumsi vit C lebih tinggi dari yang non perokok
    Cengkeh : bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit
    Zat Aditif : campuran bumbu2 yang biasanya senyawa2 kimia yang berbahaya. Namun beberapa perusahaan rokok sudah mulai menggantinya dengan buah2an.
    Cerutu : rokok yang aman untuk dikonsumsi, karena tembakau murni, asalkan jangan dikonsumsi secara berlebihan.

    Manfaat merokok khususnya di Indonesia :
    1. Membiayai negara beserta infrastrukturnya
    2. Menggaji PNS, TNI dan Polri
    3. Memakmurkan pengusaha rokok
    4. Menghidupi karyawan industri rokok beserta keluarganya
    5. Jika dikonsumsi tidak berlebihan dapat membuat relaks tubuh

    Efek Negatif merokok
    1. Boros, mahal
    2. Kursi, Kasur, Bantal, Baju, Celana dll jadi bolong
    3. Membuat ruangan, mobil, baju dll jadi bau
    4. Bila dikonsumsi secara berlebihan dapat merugikan kesehatan
    5. Bila tidak hati2 bisa menyebabkan kebakaran dan kecelakaan (menyetir sambil merokok)
    6. Asapnya mengganggu orang yang tidak suka merokok
    7. Perokok kebutuhan makanan bergizi, istirahat dan olahraganya frekuensinya harus di atas orang2 yang tidak merokok.
    8. Perokok cenderung jorok dan malas

    Nikotin tidak menyebabkan kecanduan. Yang menyebabkan kecanduan dan kenikmatan merokok adalah 100% suggesti. Kalau tidak percaya coba test seorang perokok untuk merokok di tempat yang gelap tanpa ada cahaya sama sekali, kemudian ditanya responnya.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: